Teknik Mengetik Dengan Sepuluh Jari dan Pengertian Blind System Typing



Blind System Typing merupakan suatu sistem mengetik dengan sistem buta, artinya kita hanya melihat tulisan yang akan diketik dan tangan bekerja sendiri menggunakan insting kita. tanpa mata melihat ke arah keybord atau tuts. sekalipun kita melihat kita hanya sesekali saja. tidak full kita harus melihat keybordnya.
Nah, sedangkan dengan mengetik sepuluh jari merupakan teknik mengetik menggunakan seluruh jari tangan kita, agar mempermudah kita dalam mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.
pada mengetik sepuluh jari memiliki kelibihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan dari mengetik sepuluh jari antara lain :
  1. Jari-jari tangan kita tidak akan mudah lelah karena adanya pembagian tugas dari setiap jari.
  2. Semakin lama kecepatan mengetik akan semakin cepat secara bertahap ( jika dilatih secara teratur)
  3. mata tidak mudah lelah karena tidak terfokus pada monitor melainkan pada naskah yang akan diketik saja.
  4. Mengetik dengan sistem sepuluh jari lebih efektif dan efisien ketimbang menulis.

Kekurangan :
  1. Tidak dapat langsung bisa secara Instan (harus selalu latihan)
  2. Kesalahan pengetikan tidak dapat langsung diketahui oleh si pengetik karena si pengetik menggunakan istingnya / gerakan refleknya.
  3. Tidak dapat melihat angka dengan teratur

Nah sekarang sudah tahukan kalian tentang kelemahan dan kelebihan mengetik sepuluh jari. Tidak perlu saya jelaskan satu - satu apa itu mengetik sepuluh jari. Bagi yang BERMINAT untuk mempelajarinya saya punya sedikit tip dan triknya.

Tip dan triknya saya ambil ketika saya belajar di kampus. Dan dalam kurun waktu 5 bulan saya sudah mulai lancar, tidak gampang memang mempelajari teknik ini karena ketika kamu bersungguh-sungguh mempelajarinya kamu harus melatih jari-jari tangan kamu sesering mungkin (minimal sehari 1x)

Tips dan Triknya :
1. Niat Dulu Yang Sungguh - Sungguh
Setiap hal-hal yang baik pastilah diawali dengan sebuah niat, supaya akan membuahkan hasil yang manis. Selain itu niat yang dimaksudkan saya adalah anda sekalian bersungguh-sungguh dan ingin sekali bisa untuk bisa mengetik dengan sistem 10 jari. Jika tidak sungguh-sungguh maka sebaiknya tidak usah saja. Karena hal ini akan memakan waktu sedikit lama. Jadi persiapkanlah baik-baik. Tapi saya ingatkan lagi teknik ini sangat berguna dalam mengerjakan pekerjaan yang semuanya memakai komputer dan mejadi nilai tambah ketika kalian bekerja di suatu perusahaan.

2. Posisi Duduk Senyaman Mungkin
Carilah posisi duduk yang dianggap enak oleh anda ketika anda sedang melakukan proses pengetikan.
saran saya adalah sebagai berikut : (1) Punggung harus tegak bersandar pada kursi (2) Dada lapang tidak menekan meja (3) bahu dan lengan atas harus dalam keadaan rileks.
tujuannya adalah ketika kita mengetik kita tidak mudah capek, dan tulang belakang kita tidak menjadi bungkuk.

3. Menambahkan Musik sebagai sarana mengiramakan hentakan dalam mengetik
Maksudnya begini. Setiap orang pasti memiliki perasaan senang terhadap musik (musik apa saja). dari pada kaki atau menggelenggelengkan kepala atau yang lainnya sebaiknya kita mencoba mengetik dengan menyesuaiakan irama lagu yang kita sukai. Hal itu akan membuat kita semakin bersemangat ketika mengetik dan membuat kita tidak mudah cepat lelah.

4. Atur jarak antara keyboard dengan monitor.
Sebenarnya ini tidak terlalu harus. Tetapi, untuk menjaga agar mata kita tetap sehat dan tidak mudah lelah maka tidak ada salahnya dicoba.
dengan cara : meletakkan sebuah meja lagi di depan meja komputer yang ukurannya lebih besar dari meja komputer (terserah mau berapa besar yang penting lebih besar dari meja komputer). hal itu bertujuan untuk meletakkan monitor atau bahkan CPU. agar nantinya meja komputer dapat dipakai untuk meletakan keyboard, mouse, dan naskah yang akan diketik.

Sekian tip dan trik mengetik sepuluh jari dari saya jika ada kekurangan ataupun kesalahan maklumi saja lah hehe, saya juga masih belajar. Caawww...

Komentar

Postingan Populer